Kamis, 31 Mei 2012

Kupas Tuntas Kunci Sukses Toko Online Terbesar Dunia

1. Customer Review System

Salah satu factor yang membuat amazon berkembang pesat adalah fitur customer review. Fitur ini di pasang di bawah setiap halaman produk. Contoh bisa lihat di url ini :http://amzn.to/Kc3cBC. Lihat di bagian bawah ada : Customer reviews, rating dr customer, write customer review button, dan hasil review review dr customer lain.

Nggak bisa dipungkiri ketika memutuskan membeli suatu produk, konsumen akan mencari referensi dr konsumen lain. 

Semakin bnyak referensi,review, &kesan bagus. Akan meningkatkan konversi pembelian thp produk tsb. Amazon membuat fitur khusus dimana pembeli bisa berikanreview secara terbuka. Bagus atau jelek sebuah produk bisa bebas di ceritakan oleh konsumen yang membeli produk tersebut. Dan ini menjadi salah satu kekuatan amazon yang paling besar hingga saat ini. 

Jadi Amazon berubah tidak hanya sekedar toko online. Melainkan sebuah komunitasBuyer yang saling mempercayai, saling memberikan review dan saling membantu sama sama lain. Secara sadar BuyerAmazon, juga merupakan bagian dari kebesaran Amazon.



2. Menu: Customers Who Bought This Item Also Bought

Ini adalah fitur cross selling yg di pasang oleh Amazon di setiap halamannya. Amazon “nggak hanya” memasang Related product, tetapi mengubahnya menjadi :“Customers Who Bought This Item Also Bought”. Kemudian ditampilkan barang barang yang sesuai dengan produk yang akan kita beli, silahkan lihat halaman produk amazon biar lebih jelas..

Cross selling adalah teknik untuk memperbesar banyaknya penjualan, dengan menawarkan produk lain yang berkaitan. Misal jualan camera, juga ditawarkan chargernya, tas camera, tripodnya dan lensa nya..

Tapi amazon emang pinter gan.. ia nggak membuat menu related produk. Tapi amazon membuat menu “Customers Who Bought This Item Also Bought”. Jadi bukan "Produk yang terkait", tapi diubah menjadi : "Pembeli lain membeli produk ini juga lho". Kira-kira begitu.
Fitur ini mampu melejitkan penjualan amazon juga gan…!


3. Foto, Video dan Detail Produk yang Lengkap


Sebagian besar halaman produk dilengkapi dengan foto yang nggak cuma bagus, tapi lengkap . Ambil fotonya juga nggak asal-asalan gan, jadi konsumen bisa bener2 melihat semua sisi produk dengan tampilan yang menarik. 

Deskripsi produk juga lengkap, detail spesifikasi, hingga harga & ketersediaan stok barang. Intinya jangan sampai calon konsumen kita kesulitan sekedar ingin tahu harga dan ketersediaan barang dagangan kita. Keseriusan detail halaman produk kita jg akan makin meningkatkan kepercayaan “trust” pembeli untuk membeli produk kita gan. Semakin lengkap semakin bagus.



4. Associate Program

Associate program kalau di Indonesia-kan kurang lebih program reseller dropshippingnya amazon gan. Agan2 pasti udah sangat familiar ya sengan istilah ini?! 

Amazon Associate program, dimana setiap orang bisa menjualkan produk dari Amazon, dan mendapatkan komisi jika produknya laku. Program ini juga menjadi salah satu faktor kesuksesan amazon. 
Amazon tau betul kalau jualan sendirian akan lambat membuat ia berkembang.. 

Dgn menggunakan teknologi dan program reseller yg baik.. 
Akan menjadi daya ungkit yang luar biasa… 

Bayangkan jika ini bisa benar2 agan terapkan di bisnis agan, dan setiap orang di dunia ini bisa menjualkan produk agan! Wow...!

Selain menguntungkan bisnis agan juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak. Mantap ya! 


So Affiliate, Reseller System,Dropship atau apapun namanya saat ini adalah konsep Daya Ungkit online store yang telah terbukti berhasil dan bahkan masih diterapkan oleh Online Store terbesar di dunia.


Untuk berhasil menerapkan konsep ini, pastinya perlu kombinasi dengan penggunaan teknologi dan sistem yang baik gan.

Investasi jadi suatu keharusan.. tapi hasilnya ane yakin akan sepadan.. 

Jadi ibarat buka lapak di dunia internet, kita ngga jualan sendirian..yang jualin produk kita bisa ratusan, ribuan bahkan jutaan orang. Ini namanya teknologi untuk berjualan gan …

Nah, itu gan sharing kita kali ini seputar toko online, Diluar empat diatas, banyak factor lain seperti customer service, shipping, packing, web design dan sebagainya. 

Bagaimana dengan toko online agan?? 

Mana yang bisa diterapkan di toko online agan 
monggo langsung diterapkan ..

Kalaupun saat ini posisi kita belum memunkinkan kesana.. ane sangat menyarankan agar agan2 yg punya toko online
Bisa masukkan ke dalam rencana pengembangan ke depan.

Salam UKM Go Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar