Senin, 04 Juni 2012

[PKBL BUMN] Pinjaman Bunga Lunak & Fasilitas Pameran Gratis

Tahukan Anda BUMN menyalurkan sebagian CSR (Corporate Social Responsibility/ Bantuan sosial perusahaan gede) kepada UKM (usaha kecil mikro) ???

Berupa :
1. Pinjaman Lunak Bunga 6%/ tahun (dgn agunan)-( bunga bank umum 16%)
2. Pameran Gratis (Biasanya full gratis: sewa stan, akomodasi & uang saku)
3. Hibah alat kerja

Untuk mendapatkannya silahkan agan2 datang ke kantor BUMN setempat:
1. Bank : Mandiri, BRI, BNI, BTN
2. Tambang : Pertamina, Antam, PGN
3. Angkasa pura
4. Telkom
5. daftar lengkap BUMN klik disini

Silahkan bertanya bagian yang mengurusi PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan) atau CSR yang ditujukan utk UMKM (usaha menengah kecil dan mikro).

Pengalaman ane PKBL di telkom:

Ane mendapat info dari temen2 komunitasTDA SOLO bahwa ada pembukaan program PKBL di salah satu BUMN, ane ke sana (sendiri) dan diberi beberapa ketentuan utk ikut PKBL :

1. FC Agunan (BPKP Mobil/ Sertifikat - bisa milik ortu, temen, eyang, asal ada surat kuasa).
2. FC Ijin Usaha (kl ane SIUP & TDP)
3. FC NPWP
4. Legalisir KTP dari Kelurahan
5. Laporan Keuangan 1 Tahun Ke belakang
6. Aset bisnis diluar bangunan maksimal 200 jt

Beberapa waktu kemudian ada survey gan, dari BUMN tersebut dan disuruh menunggu lagi.

3 Bulan kemudian bisa keluar pinjamannya gan, lumayan untuk nambah modal kerja. Biasanya nggak sebanyak bank umum, temen ane paling gede dapat 40jt utk periode pertama (selama 2tahun), periode 2 & 3 biasanya bisa sampai 100 jt.

Kabar bagusnya 6 bulan setelah daftar, ane dikejutkan dengan tawaran pameran gratis-tis di JCC gan, mantap banget. Bisnis jalan, hutangan bunga ringan, gratis pameran lagi, tambah network decccch......

Dpt fasilitas :
1. Stan pameran gratis senilai 12 jt
2. Nginep di hotel 5 hari
3. Plus Uang saku

Untuk temen-temen UKM yg ingin pinjaman lunak, monggo silahkan mencari PKBL di BUMN terdekat. Salam......
Biasanya program PKBL ini tidak banyak diketahui orang, termasuk orang BUMN sendiri kadang tidak tahu. Tapi bisa dipastikan setiap BUMN pasti ada anggaran PKBL buat UKM.

SEMOGA BERMANFAAT GAN

1 komentar:

  1. terima kasih agan yang posting info ini jujur ane lagi bingung sedang ngembangin usaha kuliner....hehehehhe

    BalasHapus