Jumat, 01 Juni 2012

Bisnis Lokal Go Online bagi UKM by Google






:
Google Asia Tenggara resmi meluncurkan program Bisnis Lokal Go Online bagi usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Program ini dijalankan sebagai respons Google terhadap fakta bahwa masih belum banyak pengusaha di Indonesia yang memanfaatkan media online.

"Kami melihat ada potensi pertumbuhan yang sangat besar bagi UKM di Indonesia," kata Managing Director Google Southeast Asia Julian Persaud dalam acara peluncuran program ini di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu, 11 Januari 2012.

Jualian menambahkan, program Bisnis Lokal Go Online ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang Google di Indonesia. "Yang dapat memberikan manfaat ekonomi secara nyata bagi masyarakat Indonesia," kata Julian.

Berdasarkan statistik, terdapat 17 juta UKM di Indonesia, namun hanya 75 ribu UKM yang telah memiliki website. Dengan adanya program ini, bisnis UKM yang belum online dapat segera go online dalam waktu kurang dari satu hari kerja hingga website mereka beroperasi.

Melalui Bisnis Lokal Go Online, UKM dapat membuat website dan mendorong mereka aktif secara online dalam waktu satu tahun ke depan. Bagi 100 UKM pendaftar pertama, akan memperoleh website, domain, dan hosting gratis selama satu tahun ke depan. Sedangkan, untuk tahun berikutnya, UKM akan dikenakan biaya US$ 12 per tahun.

Dalam menjalankan program ini, Google menggunakan Business SiteBuilder, sebuah peranti lunak untuk desain website bisnis gratis milik Google. Peranti ini memungkinkan website secara otomatis dapat diakses melaui telepon seluler cerdas dan feature phone.

Peranti Business SiteBuilder ini dirancang untuk meminimalkan kendala bagi UKM yang ingin go online, membuat proses dan mengelola website menjadi mudah, cepat, dan gratis.

Wakil Ketua Umum Bidang Tenaga Kerja, Pendidikan, & Kesehatan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, James T. Riady, mengatakan kehadiran Google ini bisa memperkuat usaha kecil dan menengah. "Perekonomian kita ditopang oleh UKM yang kemampuan dan modalnya masih kurang," katanya.

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan penawaran Google ini amat membantu UKM untuk semakin memanfaatkan teknologi informasi. "Saya mengapresiasi kehadiran Google untuk memberdayakan kemampuan UKM di Indonesia," katanya.

Saat ini terdapat sejumlah UKM yang sudah memanfaatkan _www.bisnisgoonline.co.id, antara lain penjual kerajinan Natural House Homedeco dan Rendang Uni Farah. Mereka kini dapat beroperasi layaknya sebuah toko 24 jam yang siap menerima pesanan dan pembeli setiap saat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar