Senin, 04 Juni 2012

Pelajaran tentang Brand Strategy dan Brand Management



Brand (branding) atau merk tak pelak merupakan salah satu elemen penting untuk menentukan apakah sebuah bisnis bisa terus menjulang, atau harus terpelanting dan kemudian lenyap ditelan roda zaman. Sebuah merk yang kuat (strong brand) akan membuat kinerja bisnis bisa terus meliuk-liuk, dan profit akan terus mengalir tanpa henti.
Toyota Inova. Teh Botol Sosro. Simpati. Matahari. KFC. Blackberry. Zyrex. Cap Kapak. Joger. Cap Kaki Tiga. Pepsodent. Berderat nama brand tanpa terasa terus hadir dalam keseharian kita. Semuanya berjibaku agar terus menancap dalam benak kita, benak semua konsumennya.
Pada tema kali ini, kita akan mencoba berbicara tentang brand strategy. Setelah menampilkan peringkat top global brand value, kita kemudian akan menelisik empat elemen kunci manakala kita mau meracik sebuah brand yang mencorong.
Sebelum melanjutkan blog yang renyah ini, silakan minum dulu : bisa kopi hangat dari merk Kapal Api, secangkir teh dari Sariwangi atau seteguk air dari Aqua.
Untuk melihat betapa bernilianya sebuah merek, setiap tahun dirilis daftar Top Global Brand berdasar value-nya. Artinya, berapa trilyun harga merk itu. Berikut daftar Top Global Brand 2011 disertai dengan value-nya.





















Seperti dalam daftar diatas, terdapat nama-nama brand yang mungkin sudah akrab di benak kita, seperti Microsoft, Google, McDonald dan Apple. Semua brand dalam daftar diatas memang merupakan top brands yang selama ini selalu berupaya dengan gigih membangun positioning merk-nya dalam benak jutaan konsumen di segenap penjuru jagat.
Lalu, elemen apa yang mestinya bisa digodok ketika kita mau membangun brand yang kuat – setidaknya jika kelak kita punya bisnis sendiri dan berniat membangun merk sendiri. Pelajaran brand strategy dan brand management apa yang bisa dipetik dari para top global brands itu?
Berikut empat elemen yang layak di-stabilo (oh ya Stabilo juga nama merek. Saya malah ndak tau apa nama pewarna tulisan itu….menyebut kata Stabilo terasa lebih mudah dipahami. Betapa hebatnya brand Stabilo ini bisa sampe menggantikan nama fungsi asli bendanya).
Elemen pertama : good brand should be easy to remember. Kelak kalau kita mau mengembangkan produk sendiri dan memberi merk, ada baiknya kalau kita memilih nama yang simple, mudah diingat dan diucapkan, namun tetap punya jejak yang kuat. Sony. Apple. Nike. Aqua. Bata. Bodrex. Acer. Semuanya adalah contoh brand dengan nama yang pendek, namun memberi kesan yang nancep di hati para konsumen-nya.
Elemen kedua : good brand should be displayed consitently across media channels. Dalam ilmu brand management dikenal apa yang disebut sebagai brand manual. Artinya : sebuah pedoman yang detil bagaimana kita kudu mendisplay logo/brand kita secara konsisten – baik pada papan bilboard, iklan di media, hingga tampilan di kertas kop, dan slide presentasi (agar konsisten, bahkan jenis font, size huruf dan pola warna telah diatur secara rinci dalam brand manual itu).
Coba Anda lihat semua tampilan billboard Bank BNI : disitu Anda pasti akan menemukan sesuatu yang konsisten. Selalu ada warna hijau dan oranye, dan jenis huruf dalam billboard juga pasti sama di seluruh kota di Indonesia. Intinya : brand Anda harus ditampilkan dalam pola yang konsisten pada semua tampilan.
Elemen ketiga : good brand should be focus. Teh Botol Sosro hanya jualan teh. Dagadu hanya jualan kaos. Levis hanya jualan jeans. Dan rumah makan Sederhana hanya jualan nasi padang.
Brand yang kokoh biasanya memang fokus pada sebuah produk (atau kategori produk yang masih saling berkaitan). Sebab dengan itu, maka positioning yang dibangun menjadi lebih fokus, lebih tajam. Dan juga tidak membikin bingung konsumen. Coba bayangkan apa yang terjadi jika nama Aqua juga digunakan sebagai merk untuk minyak pembasmi nyamuk (cuma contoh ekstrem ya).
Elemen terakhir adalah yang paling penting : good brand should be trusted. Slogan “Think Different” dari brand Apple menjadi trusted karena memang semua produk Apple membawa semangat slogan itu. Slogan “Menyelesaikan Masalah Tanpa Masalah” dari Kantor Pegadaian dijalankan dengan kredibel sehingga brand mereka menjadi kian strong. Dan brandOutletDinar.com menjadi kian dipercaya lantaran memang selalu dengan konsisten memberikan value bagus bagi konsumennya : yakni menyediakan cara membeli emas bersertifikat tanpa ribet. Pagi pesan, sore diantar.
Demikianlah empat pelajaran penting tentang brand strategy dan brand management yang layak dicermati. Membangun strong and good brand tentu saja butuh proses dan stamina yang panjang. Namun hanya dengan brand yang kuat-lah, bisnis kita mungkin bisa terus menjulang hingga seratus tahun ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar