Minggu, 10 Juni 2012

Inspirasi Bisnis modal super minim



Jasa Sebar Brosur

Udah 2 taon ini gw ngejalani bisnis ini, tapi cuman gw jalani menjelang ajaran baru seperti saat ini.
Berawal dari iseng, gw googling nama kampus swasta yang lokasinya jauh dari kota gw. Gw buat list, trus gw bikin surat penawaran untuk jasa peyebaran brosur dan tempel pamflet penerimaan mahasiswa baru di kota gw. Dan surat penawaran yang telah gw lampiri identitas dan list nama sekolah di kota gw, gw kirim via email kepada panitia penerimaan mahasiswa baru. Biar gak terkesan SPAM, gw kirim satu per satu.

Beberapa hari kemudian gw dapat telpon, order perdana gw dari salah satu kampus swasta di kota Solo. Gak nyangka, dari 75 email yang gw kirim gw dapat order 13 kampus. Mereka juga menawari untuk membuka pendaftaran di kota gw, wah double income nich mubazir kalo gw tolak . Yang lebih mengembirakan lagi tahun ini 11 kampus itu repeat order lagi.

Jangan berpikir, wah capek tuch, wah panas-panas bagiin brosur, apa kata dunia?
Ya namanya juga ini usaha gak pake modal gan, tapi kalo gw sich gak gw kerjain sendiri, gw juga gak mau berpanas-panas dibawah terik matahari. Gw cari orang yang mau nyebarin brosur dan nempelin pamflet, biasanya anak kost giat banget kalo suruh ginian  apalagi dengan iming-iming rupiah.

Gw bikin team kecil, tiap team terdiri dari 2 orang yang gw lepas waktu pelaksanaan UAN. Sebelum penyebaran brosur dan penempelan pamflet, gw minta tolong ama team tadi untuk minta ijin dulu kepada pihak sekolah. Dan mengdokumentasikan pamflet yang dipasang, juga waktu penyebaran brosur.

Setelah pelaksanaan UAN kelar tinggal bikin laporan pertanggung jawaban yang disertai foto-foto tadi, kepada kampus-kampus tersebut


Jasa membuat foto mozaik
foto mozaik itu foto yang di rangkai dari beberapa foto tapi kalo diliat dari jauh ntar seperti gambar biasa. Tapi kalo di pelototi dari dekat merupakan kumpulan dari beberapa foto. Untuk yang gak tau and biar gak bingung, gw kasih contoh yang gw comot dari lapak seseorang di FJB.
Spoiler for contoh mozaik


Mungkin agan membayangkan betapa sulitnya membuat susunan foto-foto itu, perlu ketelitian dan harus pandai editing foto. Salah BESAR, asal bisa klik mouse agan bisa buat foto mozaik tersebut.

Yang perlu disiapkan hanya sebuah foto utama dan kumpulan foto lainnya. Trus download software-nya disini kecil kok cuma 8MB.
Pelajari sampai agan benar-benar menguasai itu software, programnya simple kok. Tawarkan jasa agan ke teman sebagai kelinci percobaan, kalo dirasa udah cukup lihai bisa buka lapak di FJB atau FB. Rata-rata mereka pasang tarif 75 ribu - 150 ribu. Yups, 1 peluang lagi yang nyaris tanpa modal.

Bayangin kalo agan pasang tarif 50 ribu perfoto, dan 1 hari ada 1 order maka dalam 1 bulan akan mendapatkan Rp 1.500.000 tinggal gencar promosi aja. Gak butuh modal, paling cuman komputer gw yakin semua pasti ada komputer dirumah, kalo gak ada banyak warnet dan rental bertebaran disekitar rumah agan, samperin aja.




Usaha Bimbingan Belajar

Bisnis bimbingan belajar kalo gw liat ini bisnis gak ada matinya. Selama masih ada yang namanya sekolah. Apalagi setelah diterapkan standar nilai minimal dalam kelulusan. Membuat orang tua dan murid, mau tidak mau harus mengejar target tersebut.

Agan pasti berpendapat, wah itu butuh modal gede.
Yups, kalo kita beli franchise primagama emang butuh modal gede. Tapi gw pernah terlibat dalam usaha bimbel dengan modal yang sangat minim. Waktu itu kebetulan ada rumah teman yang lumayan gede gak ke pake, daripada nganggur kita manfaatkan aja. Ya udah kita bikin bimbel, rumah itu kita sulap jadi bimbel sederhana dengan bermodal karpet dan papan tulis. Pembimbingnya kita cari guru dari sekolah favorit, sapa sich yang gak mau dikasih income, guru-guru tersebut pasti gak menolak penawaran kita. Dengan sistem bagi hasil.

Pada awal buka kita bikin brosur foto copy-an  dalam brosur tercantum bahwa yang rangking 1-5 mendapatkan free biaya pendaftaran dan diskon 25%. Kita tempel di sekolah-sekolah. Lumayan tuch ada yang datang  , 50% dari pendaftar tersebut adalah anak pintar dengan rangking 1-5. Singkat cerita pada tahun ajaran baru kita bikin spanduk gede di sekolah-sekolah, bahwa 60% siswa bimbel kita adalah rangking 5 besar. Tambah berbondong-bondong yang daftar, dari uang pendaftaran tadi bisa dibeliin kursi dan ngurus ijin.

Tapi bukan berarti kita cuma profit oriented, di awal kita emang tegaskan kepada pembimbingnya untuk memberikan yang terbaik buat LBB kita dan mengarahkan siswanya untuk mengikuti bimbel di tempat kita.




Usaha Kaos Tanpa Modal Gede

Tau khan, kaos itu cocok banget dipake oleh siapapun. SBY aja juga sering pake kaos kok  jadi bisnis kaos gak ada matinya.
Bisnis kaos itu butuh modal gede dan pengetahuan tentang design. Butuh modal gede karena harus beli screen, rakel, pasta, photosol serta beberapa ramuan lainnya  dan yang paling mahal adalah pengetahuan tentang sablon itu.

Jaman sekarang udah enak gak seperti jaman nenek moyang kita dulu, kalo gak mau bergelut ama ramuan diatas, sekarang udah ada mesin hot press, beli kaos polos, tinggal buat design, print trus di press udah jadi kaos siap di jual. Tapi hasil dan daya tahan gak perfect.

Trus kalo caranya sablon manual gimana?
Tanya ama mbah gugel, disini room forbis, atau beli buku All about distro punya elexmedia, atau main ke room design, agan-agan disana udah bikin tutorial secara keroyokan, klik disini.

Nah, buat yang gak punya modal jangan patah semangat. Beberapa distro untuk membuat kaosnya di outsourcing-kan lho. Kenapa kita gak meniru? Sangat beruntung agan-agan kenal kaskus yang notabene warganya sangat kekeluargaan dan punya loyalitas. Kita masih bisa buka lapak di FJB distro. Kalo sering main kesana, pasti udah sering liat lapak “Pre order”. Kalo mereka bisa kenapa kita tidak?

Langkah pertama, bikin design (kalo gak bisa design cari jasa design, lagi-lagi di FJB ada yang nyediain) kalo design-nya menggunakan kata, logo atau tema kaskus harus minta doa restu ama mimin disini, cari vendor yang siap ngerjain design kaos tadi (sarang vendor ada di sini) nego ama vendor untuk dibuatin contoh hasil jadinya, buka lapak pre order di FJB distro, provokasi teman-teman FB untuk liat lapak kita atau tongolin design kaos tadi di FB trus di tag, kalo udah sesuai quota baru hubungi vendor tadi.

Lha duit buat bayar vendor gimana?
Kalo sistem pre order, biasanya buyer bayar dulu. Jadi duit dari buyer-lah yang kita bayarin ke vendor. Dan selisihnya buat kita tabung untuk bikin usaha kaos yang lebih gede dan gak cuman sistem pre order.

Oh iya, sekarang khan hampir mendekati tahun ajaran baru, bisa juga khan bikin proposal penawaran ke sekolah-sekolah untuk dibuatin seragam olah raga. Karena kita udah tau sarang vendor dan kita udah tau juga jasa design.




Usaha Paper Bag, Modal Nekat.

Hmmmm....
Dengar-dengar pemerintah sekarang mau memperketat penggunaan tas plastik. Gak ada pilihan nich, pasti pusat perbelanjaan dan toko-toko harus beralih ke paper bag, biar mudah di urai oleh tanah. Curi start yuk, belajar buat paper bag sapa tau ntar kita bisa produksi massal.

Kalo aja pemerintah membatalkan rencana itu, masih bisa kita tawarkan paperbag kita ke distro, toko busana, toko hp dsb. Kelebihan paper bag, bisa juga sebagai sarana promosi berjalan.

Paper bag bisa dibikin dengan berbagai kertas, bisa pake kertas kado, kertas daur ulang, art paper, bahkan bekas pembungkus semen (kalo daerah gw nyebutnya "sak") yang banyak di pengepul barang bekas, dulu sich harganya sekitar Rp 4.000/kg.

Ini terinspirasi dari teman gw yang nyuruh buatin coretan model paperbag pake coreldraw, rencananya itu buat kerjaan anak panti asuhan.

Bahan untuk buat paper bag, kertas dan lem serta gunting. Gampang banget bikinnya, jiplak aja contohnya, tinggal lipat dan lem aja.

Spoiler for coretan gw




Nah yang garis putus-putus itu yang dilipat.
Kalo ada yang mau bikin n gak mau repot, ntar bisa minta gambar diatas ama gw, GRATIS.
Formatnya cdr, jadi mau dibikin segede apapun gak pecah dan logo suryo buronan itu bisa dihapus atau diganti.
Kalo ada yang mau upload, bisa PM email ke gw, ntar gw cendolin dech.


Kalo udah punya (pola) gambar yang siap dibikin, bisa dibawa ke tukang offset. Teman gw 1 rim katanya kena 25rb, kalo gak salah dengar.

Spoiler for contoh lain


Pola diatas pake ini :


Referensi :
VIDEO TUTORIAL BIKIN PAPER BAG
Spoiler for BB17++




Inspirasi Bisnis Rekaman

Pak B memulai bisnis rekamaman dvdnya sebagai berikut:

Suatu hari akan diadakan seminar bisnis oleh pembicara yang cukup terkenal di negeri ini. Ia mempunya ide untuk merekam acara tersebut dan di buat vcd.

Ia datang kepada tukang video syuting yang biasa syuting pernikahan dan acara hajatan. Kebetulan orang tersebut adalah kawannya. Ia bilang ke kawannya itu,
"Tolong kamu syuting acara ini, kamu buatin aku vcdnya 100 dulu, sebulan kemudian saya lunasi semuannya, karena jujur saya saat ini tidak punya uang"

Dan temannya kebetulan setuju. Akhirnya acara seminar itu terdokumentasikan. Dan si B dibuatkan dvd seminar itu sekitar 100 biji. Kenapa tidak jadi dibuat vcd? Karena datanya tidak cukup kalau dibuat vcd akhirnya dibuat dvd. Lalu si B iklan kan di internet. Ngiklannya gratis lagi, karena di internet banyak tempat iklan bagus dan gratis!

Ajaib! Pesanan banyak sekali!
Dalam bulan pertama ia berhasil menjual sekitar 250 keping! Anda bayangkan berapa keuntungannya! Harga satu dvd seminar itu ia jual Rp125.000. Jadi akhirnya ia bisa membayar lunas kawannya, mendapat untung yang banyak dan akhirnya ia mendirikan PT nya dari sini. Dan penjualan-penjualan berikutnya lebih fantastis lagi, karena memang poduknya unik dan sangat diburu banyak orang di Indonesia ini.


Inspirasi Percetakan Tanpa Modal

Ini kisah sebut saja pak Hery.

Setelah ikut seminar entrepreneur, ia memutuskan untuk memulai bisnisnya. Seperti kebanyakan orang, biasa masalah modal. Ia gak punya modal! Tapi ia mendapat pencerahan. Ia ingin memiliki bisnis percetakan.

Dia mendatangi kawannya yang memiliki percetakan, ia minta dibuatin kartu nama atas nama dirinya, disitu ia minta ditulis jabatannya sebagai bisnis owner, dan ia memberi nama usahanya pada kartu namanya.

Dan ia mencari order dan nanti akan dicetak di percetakan kawannya ini. Ia kemudian mendatangi koran lokal untuk memasang iklan percetakannya, dan bayar belakang alias ngutang. Ia memberikan sentuhan berbeda dalam melayani customernya, dalam iklannya ia menuliskan:
Anda hubungi, kami datang melayani anda...

Ia juga memberikan nilai tambah yang tidak dimiliki oleh percetakan besar, antara lain, antar jemput naskah dan hasil, harga lebih murah dan lain-lain. Ternyata memberikan hasil, banyak yang akhirnya mencetak di tempat pak Hery ini. Ia memulai bisnisnya tanpa modal, dan sekarang kurang lebih sudah 3 tahun dari mulai bisnis ini, omzetnya cukup besar, karyawannnya ada beberapa orang, ia bisa beli rumah, kendaraan, dan ajaibnya..sampai sekarang ia belum punya mesin cetak walaupun kliennya sudah banyak, baik dari kantor pemerintahan, swasta, perbankan dan lain-lain, saya gak tahu kenapa alasan khususnya. Yang jelas ia bisa memulai bisnis percetakannya tanpa modal sama sekali.


Inspirasi Usaha Laundry Tanpa Modal

Ini kisah dari kota gudeg atau Jogjakarta.

Suatu hari ada seminar wirausaha. Sang pembicara menyampaikan ide bisnis kepada peserta, katanya:
Di Jogja ini banyak sekali mahasiswa, dan semuanya perlu makan , kalau rata-rata mereka makan sehari 3 kali, maka kalau jumlah mahasiswanya puluhan ribu, jumlah rupiah yang akan kita dapat betapa banyaknya.

Lalu pembicara itu melanjutkan pembicaraannya. Jadi kesimpulannya bisnis makanan di sini sangat bagus. Seminar selesai.

Kemudian sang pembicara masuk ruangan, dan ada seorang mahasiswa mengikutinya.
“Pak” sapa sang mahasiswa.
”Ya, bisa dibantu?”
“Tadi bapak katakan peluang bisnis makanan di sini sangat bagus, tapi kalau saya lihatnya lain pak, saya melihat semua orang/mahasiswa perlu mencuci baju. Dan ini saya lihat sebagai peluang yang luar biasa”.
“Bagus, kalau begitu mulai saja bisnis cuci pakain”.
“Gimana caranya pak?”
“Sekarang kamu tulis apa saja hal-hal yang baik dan menguntungkan bagi para mahasiswa sehubungan dengan bisnis mencuci pakaiannya. Kalau sudah, kamu buat brosur”.
“Tapi khan saya belum punya mesin cucinya pak”. 
“Memangnya buat brosur harus punya mesin cuci?” kata sang mentor sambil becanda.
“Buat brosur dulu”.
Singkat cerita brosur telah jadi, dan mahasiswa ini menghadap sang mentornya.
“Ini pak brosur sudah jadi, terus bagaimana?”
“Ya dibagikan, disebar di tempat-tempat yang banyak anak kost dan mahasiswanya”.
“Tapi saya belum punya mesin cucinya pak”.
“Memangnya bagi brosur kamu perlu bawa-bawa mesin cuci?”.
Sambil bingung  sang mahasiswa menuruti nasehat sang mentor.
“Tunggu dulu”.
“Kamu sekalian bawa tas besar ini, siapa tahu ada yang langsung mau mencuci”.
“Pak! Bapak ini gila ya, khan saya belum punya mesin cuci”.
“Sudah nurut saja, khan belum tentu ada yang nyuci”.

Akhirnya ia membagi-bagikan brosur. Dan benar saja, ada beberapa orang yang langsung ingin mencuci, sehingga tas yang ia bawa penuh dengan pakaian kotor. Ia langsung menghadap sang mentor.

“Pak, anda harus bertanggung jawab!”.
“Lihat cucian ini!”, sambil membanting tas berisi pakaian kotor.
"Orang akan marah dan bisa membunuh saya kalau tidak dicucikan pakaiannya ini, sedangkan bapak tahu saya belum punya mesin cuci".
“Bapak yang ngajarin gila, jadi bapak harus bertanggung jawab!”.
“Tenang... Tenang”.
“Silahkan minum dulu”, kata sang mentor.
“Ini ada telepon, silahkan kamu hubungi orang-orang yang punya mesin cuci, dan kamu ajak kerja sama, kamu cuci ditempat dia”.

Setelah menelpon beberapa orang akhirnya ia menemukan orang yang bisa diajak kerja sama, akhirnya cuciannya bisa dicuci. Dan ia mendapat untung dari selisih/untung dari pemasukan dikurangi pengeluaran. Dan hari demi hari makin banyak order cucian. Dan sangat banyak!

Saat ini loundry ini menjadi salah satu loundry terbesar di kota jojga, dan menginspirasi berdirinya loundry-loundry di kota-kota besar diseluruh Indonesia! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar